Search

Selasa, 05 Januari 2016

Workshop Penulisan Karya Ilmiah STAIN Sorong Tahun 2016



Workshop Penulisan Karya Ilmiah STAIN Sorong Tahun 2016
Diawali dengan sambutan Ketua STAIN Sorong, Prof Dr. H. Abustani Ilyas. M.Ag. Dalam rangka workshop penulisan karya tulis ilmiah, yang dihadiri oleh Mahasiswa/I, semester 1-7, STAIN Sorong. Acara tersebut digelar  05/01/2016, di Aula serbaguna 10.00 Wit.
Di awal sambutannya, (Ketua STAIN), Beliau mengutip dari salah satu surat dalam Al-Quran yaitu, (QS. Al‘Alaq:1) yang artinya:“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan“. Beliau menjelaskan bahwa di ayat tersebut, kita sepatutnya disuruh membaca, jadi, “Sangat penting dan sangat urgen, dalam rangka memupuk dan menambah pengetahuan. Contohnya, dalam menulis atau apapun itu, semua kita bisa belajar, dan yang pastinya harus bersungguh-sungguh. Beliau juga berharap, kegiatan workshop penulisan karya tulis ilmiah agar nantinya dapat menyumbangkan ilmu yang berguna dan bisa diaplikasikan ilmunya.
Harapan juga datang dari pemateri acara yaitu,  Ismail Suardi Wekke “workshop penulisan karya tulis ilmiah seperti ini penting diadakan, mengingat usia STAIN Sorong telah mencapai 10 tahun, namun masih kurang memiliki minat dalam penulisan karya tulis ilmiah. Serta juga erat kaitannya dengan mahasiswa/I agar dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan dalam penulisannya. Selain itu, ilmu yang telah didapatkan seperti metode penulisan karya tulis ilmiah dan lainnya bisa menambah pengetahuan tentang penulisan karya tulis ilmiah
Gedung Aula serbaguna STAIN Sorong semakin meriah, ini ditandai dengan “serangan” pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa/I yang antusias dengan materi yang disampaikan. Salah satu pertanyaan yang diajukan ialah oleh Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, semester V/ Diah Aghsari, mengatakan “Apa yang menyebabkan sebuah karya tulis ilmiah kurang menarik dan bagaimana agar tulisan karya ilmiah bisa bagus, menarik isinya dan diminati orang lain?
Sebuah karya tulis ilmiah dapat dikatakan bagus dan baik apabila memenuhi standar penulisan, dan bukan hanya itu, kita juga harus bisa kreatif, misalnya dengan menulis tentang hal-hal yang sedang ngetrend ataupun menulis sesuatu yang belum pernah ditulis orang lain sebelumnya. Jawab, Bpk.Ismail Wekke.
Diakhir acara, Ketua Panitia Pelaksana, Ilham Watimena, menyampaikan bahwa “workshop penulisan karya ilmiah diselenggarakan mengingat akan diadakan lomba karya tulis ilmiah, jadi harapannya, setelah mendapatkan pengetahuan yang disampaikan pemateri. Mahasiswa/I telah mengetahui tata cara penulisan karya tulis ilmiah dan siap mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Jadi jangan sia-siakan ilmu yang telah dapatkan. Semoga ilmu yang telah kita dapati bersama ini, yaitu tentang penulisan karya ilmiah bisa menambah wawasan dan berguna nantinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar