Search

Selasa, 24 Maret 2015

Sekilas Tentang Jurusan Dakwah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Sorong


  
Assalaamu’alaik­um. Wr. Wb.
      Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan ilmu teknologi pada masa yang serba mudah ini sudah mengalami kemajuan yang sangat signifikan, sementara itu kegiatan dakwahpun tak mau mengalami ketertinggalan pada masa yang bisa dikatakan masanya teknologi ini, untuk itulah STAIN Sorong menghadirkan suatu Jurusan yang mempunyai potensi besar dalam pengaruhnya diwilayah Kota Sorong dan sekitarnya, yaitu Jurusan Dakwah yang dimana jurusan Dakwah ini terbagi menjadi 2 Prodi yaitu Prodi Bimbingan Konseling dan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. 
Berikut ini adalah beberapa hal yang sering ditanyakan tentang Jurusan Dakwah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam :

A : kaka mau tanya, aku kan mau lulus SMA nih, saya bingugn mau kuliah dimana , tapi saya dengar-dengar katanya di STAIN Sorong ada jurusan dakwah Komunikasi penyiaran islam. apa benar?

B  : Iya, benar de, itu adalah Jurusan yang sekarang kaka dan om syarif ambil ketika mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAIN Sorong). emang kenapa de?

A : terus kaka aku mau tanya, jurusan itukan namanya Jurusan Dakwah, berarti tugas kita hanya berdakwah dong ka? atau gimana?

B : iya memang benar itu adalah Jurusan Dakwah (Komunikasi Penyiaran Islam), nah, biar kaka luruskan dulu ya dek, jurusan dakwah komunikasi penyiaran islam itu bukan hanya berdakwah saja, di jurusan ini banyak pelajaran yang kaka dapatkan, yaitu berdakwah bukan hanya berdakwah yang seperti kebanyakan orang berpikir bahwa berdakwah itu hanya diatas mimbar,. namun berdakwah itu bisa dimana saja, khususnya berdakwah melalui diri sendiri, kepada orang banyak dan yang tak kalah penting dakwah menggunakan media. pada masa kini, dakwah dapat dipermudah dengan menggunakan media salah satunya ya, dengan menggunakan media penyiaran radio, tabloid, internet dan lain-lain, jadi selain bisa berdakwah secara langsung (tatap muka) dakwah juga bisa lewat media, begitu de.!

A  : wah begitu ya,. jadi jurusan dakwah ini (KPI) tidak harus berdakwah di atas mimbar ya. lewat mediapun bisa juga ya,. wah lumayan bagus tuh apalagi sayakan kurang bisa tampil di depan umum, jadi lewat mediapun saya bisa berdakwah juga, yang intinya berdakwah menebar kebaikan terhadap sesama.

B  : Iya benar sekali de, 

A : Oh iya ka,. tapi kalau lulus saya mau kerja apa kalaw yang saya bisa hanya berdakwah, sedangkan saya butuh pekerjaan yang bisa menopang hidupku. gymana tuh ka?

B : Nah pertanyaan bagus nih de, kaka pun seringkali medapatkan pertanyaan semacam itu, misalnya seperti ini, kalau kamu lulus dari jurusan dakwah (KPI) ini, mau kerja dimana kamu? kira-kira gitu,. lalu kaka menjawab dengan tegas, disini, jurusan dakwah ini saya telah belajar banyak dan semua ilmuyang saya pelajari dan saya dapatkan pastilah ada guna bagi saya dan orang lain. pekerjaan /profesi yang bisa kita geluti yaitu :Penyuluh Agama Islam, Jurnalistik, Penyiar, Presenter Radio, Presenter Televisi, Manajer Produksi Film, Manajemen di bidang penerbitan dan penyiaran,Konsultan penerbitan, Editor media massa cetak, elektronik dan media online, Pekerja sosial di bidang dakwah, Peneliti di bidang dakwah dan komunikasi. dan di tahun 2015 ini ada penambahan pelajaran yaitu Fotografi, jadi bisa juga menjadi fotografer tentunya hasil foto akan lebih banyak menyentuh tentang nilai-nilai Dakwah. nah bagaimana de, dengan segudang profesi masih ragukah ade dengan jurusan dakwah (komunikasi penyiaran islam?) ini?

A : wah, ternyata jurusan dakwah komunikasi penyiaran islam ini, banyak peluang kerjanya juga ya,.. berbeda pikirku sebelumnya, saya pikir jurusan ini khusus hanya berdakwah saja..ternyata keren juga.. oh iya ka,mau tanya lagi nih,. apakah jurusan ini sudah terakreditasi?

B : Nah itu juga pertanyaan penting, mengenai akreditasi jurusan dakwah ini, Dua program studi di Jurusan Dakwah yang sudah terakreditasi akan diupayakan untuk mendapatkan akreditasi minimal B (lihat&baca) http://edukasi.kompasiana.com/2015/01/17/stain-sorong-2015-adalah-momentum-tahun-akreditasi-717559.html .  
bagaimana de,makin mantapkan? :)

A : wih makin bagus saja nih,. oh iya ka, ada satu lagi nih yang saya mau tanyakan, di STAIN Sorong ada beasiswanya ga? soalnya saya kurang mampu tapi kepengin kuliah di STAIN..

B : tenang saja de, di STAIN Sorong Beasiswa  sudah tersedia diantaranya yaitu :
Daftar Beasiswa STAIN Sorong tahun 2014:

1. beasiswa miskin dan berprestasi.

2. Beasiswa Baznas

3. Beasiswa Alumni MAN/PONPES

4. Beasiswa Bank Mandiri

5. Beasiswa Bidik Misi

6. Beasiswa APBNP

7. Beasiswa Hafidz. http://stain-sorong.ac.id/beasiswa-di-stain-sorong-tahun-2014/
jadi gymana de? masih ragu masuk STAIN Sorong, 

A : Wah tambah mantap saja nih,. saya sudah tidak ragu ka, Insya Allah saya mendaftar di STAIN Sorong, dengan segudang kelebihannya yang belum diketahui banyak orang ternyata STAIN Sorong memang OK. Terima kasih ka atas infonya, :) Assalammualaikum Wr. Wb. :)



Mohon maaf bila ada kesalahan dalam postingan ini.

Sekian Dan Terima Kasih

Wallahul Muwaffiq ila Aqwamit Tharieq
Wassalaamu’alaik um. Wr. Wb. :) :) :)
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar