Search

Kamis, 19 Maret 2015

Radio Ar-Rafana STAIN Sorong Sebagai Wadah Pelatihan Penyiaran Mahasiswa/Mahasiswi Prodi KPI

Assalaamu’alaik­um. Wr. Wb.
    
Radio Ar-Rafana 107.7 FM STAIN Sorong

   
    Radio Ar-Rafana STAIN Sorong yang telah sah, disahkan pada bulan Agustus 2013 melalui Daftar Izin Penyiaran (IPP) yang telah diterbitkan Tahun 2013 sesuai dengan Pasal 33 ayat (5) UU No. 32 tahun 2002 tentang penyiaran, secara administratif IPP diberikan oleh Negara melalui KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Berikut ini data perizinan dari Komisi Penyiaran Indonesia yang bisa di lihat di http://e-penyiaran.kominfo.go.id/TempView/PENGUMUMAN%20IPP%20TERBIT%20AGUSTUS%202013.pdf.
    
   Pengelola Radio Ar-Rafana pada tahun tersebut (2013) yang di prakarsai oleh Agus Salim dan Efa Rubawati juga telah menerima Izin Penyelenggara Penyiaran Radio oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Papua Barat, di hotel Waigo Kota Sorong. Dan hal ini merupakan salah satu wujud yang dicita-citakan serta menjadi langkah awal dalam menuju penyiaran yang sehat lagi berkualitas. Hal tersebut sesuai dengan misinya yaitu menjadikan Radio Ar-Rafana sebagai lembaga penyiaran kampus yang berakhlak islami.

     Radio Ar Rafana yang waktu itu tahun (2013) hanya mempunyai frekuensi 104 fm yakni sebagai Radio Komunitas  yang tentunya mempunyai kekurangan dalam mengirim sinyal dengan modulasi dan radiasi elekromagnetik (gelombang elktromagnetik) ke segala arah. Dan hal lain yang dihadapi tentunya kurangnya penyiar yang bisa terus menerus menjalankan dan menghidupkan suasana kegiatan penyiaran pada saat itu.
   
  Namun kini Radio Ar-Rafana telah mempunyai wajah baru/tampilan baru menjadi Radio yang lebih baik dari sebelumnya. kini Radio Ar-Rafana selain sudah menaikan FM (frequency modulation) menjadi 107.7 FM. Dalam wajah barunya kini Radio Ar-Rafana telah melibatkan para mahasiswa/mahasiswi Jurusan Dakwah khususnya Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). para mahasiswa/i KPI selain mendapatkan pengajaran dari dalam kelas tentang teknik/tips/serta cara-cara dalam menyiar, mereka juga dilibatkan langsung dalam menyiar Radio. pelajaran bukan hanya didapatkan dari dalam kelas saja ketika saat pelajaran, namun terkadang didatangkan pula para penyiar profesional baik itu dari penyiar Radio dalam kota dan dari luar kota sorong. 
   
   Radio Ar-Rafana 107.7 FM STAIN Sorong saat ini sedang berbenah dan terus berkarya, berinovasi dan terus membawa perubahan yang lebih baik sesuai dengan misinya yaitu menjadikan Radio Ar-Rafana sebagai lembaga penyiaran kampus yang berakhlak islami. 
Berikut ini merupakan foto-foto kegiatan ketika Mahasiswa/i Jurusan Dakwah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam melakukan penyiaran, langsung saja checkidot :) :






    
  
 sekian dan terima kasih :)
Wallahul Muwaffiq ila Aqwamit Tharieq
Wassalaamu’alaik­um. Wr. Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar