Search

Senin, 15 September 2014

Tempat Wisata Pulau Matan - Kota Sorong

Tempat wisata pulau matan - kota sorong

 

pada postingan kali ini, saya akan mengangkat pengalaman saya ketika berwisata ke salah satu pulau yang ada di kota sorong, yaitu pulau matan, yang pada kali ini dalam hal kegiatan beasiswa Bidik Misi dari sekolah tinggi agama islam negeri (STAIN SORONG) yang mengadakan refresing bagi para mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa bidik misi untuk STAIN Sorong. ok pada kesempatan kali ini saya tidak akan mengulas banyak tentang kegiatan beasiswa yang saya dapatkan, tapi saya akan mencoba mempromosikan dan mengutamakan keindahan pulau matan yang "menawan",...

pulau matan mulai di kenal luas oleh warga /masyarakat kota sorong sekitar 2 tahun terakhir, pada awalanya banyak orang/warga kota sorong yang kurang tau atau bahkan sama sekali tidak tau tentang keberadaan pulau matan, tetapi dengan bantuan para traveling yang seneng jalan" dan motret" seperti saya ini :D pulau matan bisa terbantu menjadi populer bahkan menjadi salah satu destinasi terbaik di kota sorong. dengan adanya teknologi kita bisa menuangkan pengalaman menarik kita di tempat wisata yang belum banyak di ketahui menjadi lebih terkenal dan populer bagi masyarakat banyak. 

 pulau matan, dimanakah atau bagaimanakah kita bisa sampai ke pulau matan,...? ya, mungkin itu beberapa pertanyaan yang timbul jika kita mau berwisata ke pulau matan.

cara menuju ke pulau matan sangatlah sederhana... :

 

  1. jika anda berangkat dari bandara  udara domine eduard osok, maka waktu yang ditempuh untuk sampai ke pelabuhan halte dom butuh waktu sekitar 20-30 menit.
  2. nah, jika anda sudah sampai ke pelabuhan halte dom (tepatnya di samping pelabuhan pelni), anda akan melihat perahu ataupun biasa di bilang jongson yang biasa digunakan untuk transportasi laut menuju pulau dom dan pulau yang ada disekitar sorong.
     
  3. saran saya jika anda ingin menggunakan perahu lebih baik iuran agar lebih ringan membayarnya, karena jika ingin menuju kesana anda harus menyewa perahu tersebut, tapi jangan galau karena perahu yang di sewa bisa muat 20-25 orang,..harga sewa perahunya sekitar Rp. 800.000 - Rp. 1.000.000,.. harga sewa ini berlaku dari pagi sampai sore hari,...biasanya ukuran perahu yang dipakai sekitar 10M-12M dan lebarnya sekitar 2M. 
  4. siapkan perbekalan sendiri, karena apa? karena di pulau matan tidak ada yang menjual makanan ataupun asseoris. :V yang dijual disana hanyalah buah kelapa yang dijual oleh penduduk asli pulau matan yang kurang lebih hanya 5 orang saja yang menempati pulau tersebut (itu berdasarkan yang saya lihat dan yang saya tanya). 
  5. jangan takut kehilangan sinyal karena di sana masih ada sinyal ataupun koneksi internet, walaupun dapatnya sedikit :v 
  6. waktu yang di tempuh dari pelabuhan halte dom ke pulau matan itu sekitar 15-25 menit tergantung cuaca,..(ya iyalah, masa kalau ombak sedang besar mau tancap gas, yang ada nanti malah tenggelam perahunya :v).  disana (pulau matan juga kita bisa membakar ikan yang pastinya bawa sendiri. tapi jangan lupa agar berbagi dengan penduduk asli setempat sebagai tanda penghormatan dan saling menghormati :)

    7. jangan lupa untuk membawa kamera, entah itu kamera hp ataupun kamera digital, gunanya untuk menangkap setiap moment yang tak terlupakan dalam hidupmu. hehehehe......

    pulau matan seakan surga kecil yang tersembunyi. jika sudah sampai di pulau matan tersebut, saya yakin pasti anda akan takjub karena anda akan dapat salam pertama dengan rindangnya pepohonan, warna hijaunya air dan pasir putih yang halus. di pulau matan ini sudah pasti akan memanjakan mata anda dan mata lensa kamera anda, berikut adalah beberapa foto yang bisa saya persembahkan buat anda,. semoga anda bisa terhibur, hehehe bekicot, eh salah ,..yuukk lihat hasil fotoku,...



































    semoga postingan saya ini bisa menjadikan pulau matan-kota sorong bisa menjadi salah satu destinasi tujuan traveling anda,...demi memajukan kota sorong lewat media online ini,. saya berharap semoga kota sorong tidak kalah indah dengan raja ampat,.. mari majukan spot destinasi tebaik kota sorong untuk papua yang lebih baik,...
    terima kasih,.. :) :) B-)



 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar